Headline News
Loading...

Artikel : Pesan untuk Kau Mahasiswa Baru

Baca Kabar ini juga . . .

Pesan untuk Kau Mahasiswa Baru
oleh : Idham Choliq
Sekretaris Umum PC IMM Surabaya 2015-2016
Sekretaris Bidang Riset & Kajian Keilmuan DPD IMM Jawa Timur 2016-2018


DPDIMMJATIM.TK - Tulisan ini ku buat dengan penuh harapan. Kau datang seperti pembawa lampu penerang di tengah gelapnya kehidupan. Bak pahlawan yang siap memberikan perubahan akan keadaan. Waktu begitu cepat dan sekarang kau bukan lagi anak ingusan. Orang tuamu telah menaruh harapan ke pundakmu agar kau dapat menyelasaikan sekolah tinggimu.

Kau telah membayangkan betapa enaknya kehidupan di kampus. Bertemu dan berkenalan dengan teman-teman barumu yang datang dari berbagai daerah. Kau berbagi cerita pengalaman semasa SMA atau mungkin saat kalian masih SD dan SMP. Begitu lucu, cupu dan nakalnya kalian pada saat itu. Itulah masa –masa indah kau sebelum menjadi mahasiswa.  Kau terlihat begitu ceria dan keceriaan itu lama- lama akan hilang dengan sendirinya ketika Kau tahu dan mengalami seperti apa sebenarnya kehidupan kampus.

Ingatlah pesan saya, jangan jadi mahasiswa hanya sekadar kuliah,pulang, pacaran, becanda. Katanya mahasiswa sebagai agen perubahan. Menjadi agen perubahan tidak akan ada di jiwa mahasiswa yang saya sebutkan tadi dan menjadi mahasiswa seadanya dan hanya mengikuti arus. Mahasiswa butuh kemandirian dan keberanian. Agar kau tau yang aku maksud kemandirian dan keberanian itu berikut kusertakan pesan seorang mahasiswa (Alm) kedokteran berkebangsaan Argentina bernama Che Guevara yang fotonya dipampang di mana-mana dan kelak kau akan tau siapa sebenarnya dia.


"Anak muda, aku telah tuliskan puluhan karya untuk menemanimu. Dibungkus dengan sampul wajahku, yang tampak belia dan mungkin tampan, aku tuangkan pesan kepada kalian. Keberanian yang membuat kalian akan tahan dalam situasi apapun! Hutan melatihku untuk percaya kalau kemapanan, kenikmatan badaniah, apalagi kekayaan hanya menjadi racun bagi tubuh kita. Kemapanan membuat otakmu makin lama makin bebal. Kau hanya mampu mengunyah teori untuk disemburkan lagi. Kemapanan membuat hidupmu seperti seekor ular yang hanya mampu berjalan merayap. Kekayaan akan membuat tubuhmu seperti sebatang bangkai. Hutan melatihku untuk menggunakan badanku secara penuh. Kakiku untuk lari kencang bila musuh datang dan tanganku untuk mengayun pukulan jika aku diserang. Anak muda, nyali sama harganya dengan nyawa. Jika itu hilang, niscaya tak ada gunanya kau hidup! Keberanian itu seperti sikap keberimanan. Jika kau peroleh keberanian maka kau memiliki harga diri. Sikap bermartabat yang membuatmu tidak mudah untuk dibujuk. Hutan membuatku selalu awas dengan ketenangan, kedamaian, dan cicit suara burung. Hutan melatihku untuk sensitif pada suara apa saja. Jangan mudah kau terpikat oleh kedudukan, pengaruh, dan ketenaran. Kedudukan yang tinggi akan membuatmu seperti manusia yang diatur oleh mesin. Kutinggalkan jabatan menteri karena hidupku menjadi lebih terbatas dan ruang sosialku dipenuhi oleh manusia budak, yang bergerak kalau disuruh. Apalagi ketenaran hanya akan mendorongmu untuk selalu ingin menyenangkan semua orang, membuat lumpuh energi perlawananmu. Ingat, racun segala perubahan ketika dirimu merasa nyaman".

Kau akan bertemu dengan para aktivis dari berbagai organisasi di kampusmu. Mereka akan mengenalkan kepadamu tentang organisasi mereka dan gerakan mahasiswa. Ingatlah saranku berkenalanlah dengan mereka. Ikutilah organisasi yang menurutmu dapat menuntunmu menjadi mahasiswa yang punya kemandirian dan keberanian. Jangan menjadi mahasiswa yang apatis. Bantulah teman-temanmu jikalau mereka kesusahan karena belum makan dan belum bayar SPP. Pandai-pandailah kau memposisikan diri. Kau akan mengukir indahnya masa-masamu yang kau peroleh dari pengalaman dan petualanganmu menjadi mahasiswa.

Sementara itu  pesan yang dapat ku persembahkan kepadamu. Sebelum ku tutup pesan ini,  terakhir ku ingatkan kepadamu, berjuang dan berkorbanlah untuk orang-orang terdekat dan sesamamu. Jika kau seorang muslim, Nabi Muhammad SAW dapat kau jadikanlah penuntun hidupmu.

Beliau telah memberikan contoh selama hidupnya selalu berkorban untuk kepentingan umat manusia. Semoga hati dan pikiranmu selalu dalam lindungan-Nya dan diberikan keteguhan iman.Kaulah harapan untuk perubahan. Saya ucapkan selamat menjadi mahasiswa.
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Artikel : Pesan untuk Kau Mahasiswa Baru"