Headline News
Loading...

Artikel : Ada untuk Berpikir

Baca Kabar ini juga . . .

oleh : Baikuni Alshafa
Ketua Bidang Hikmah DPD IMM Jawa Timur 2016-2018



Perjalanan yang cukup jauh dari gunung kuc'eswara menuju tanah seribu (1000) industri, membuat saya bersafari dengan destinasi intelektual muda di kota itu.

Suasana hangat terjalin ketika saya diperkenalkan oleh kawan yang memintaku hadir untuk menjadi pemandu tour wisata intelektual selalam tiga hari di kota seribu (1000) industri.

Ketika tiba ditempat yayasan bertertuliskan angka 33 dengan nama Kademangan yang terletak tak jauh dari bibir kota seribu industri tersebut. Ya, memang cukup sederhana, namun memberikan ruang dialogis bagi satu kesatuan yang tak terpisahkan dimana saling membuthkan atas asupan energi baru demi mencapai puncak destinasi nya. Mereka hidup dengan suasana kebersamaan dan kesederhanaan.

Destinasi itu bernama organon (as-shaff 4) yang mereka cari melalui intisari pedoman kehidupan sebagai keyakinan yang mereka butuhkan. Sehingga setiap frase frase yang saya lantunkan membuat mereka menikmati ocehan yang bernilai tinggi, melalui dinamika yang kita eksplor diruang destinasi.

Memang tak mudah membawa mereka meraungi ruang serta sudut demi sudut disetiap kerangka bangunan destinasi itu, namun dengan modal keyakinan menyelesaikan misinya, membuat mereka tetap bertahan dalam mencari tentang sesuatu hal yang ada dan yang mungkin ada, untuk dipikirkan.

Melalui proses yang tak selalu merasa puas diri untuk mencari dan berbagi, sehingga membuat asa itu hilang. Maka terbukalah jendela mereka dari pencerahan yang dibingkai seperti mata rantai yang tidak bisa diputuskan.

Karena menurut mereka, melalui modal dasar yang dimilikinya sebagai prinsip kunci religiusitas, intelektualitas serta humanistas. Mampu membuka kekeritisan dari belenggu kesadaran naif yang selama ini menyelimuti keindahan destinasi pikiran mereka.

Kawan seperjuanganku semuanya, semoga dari sedikit tetesan ilmu pengetahuan yang bisa saya bagikan pada kalian mampu menjadi pembangkit kesadaran transformatif yang terpatri pada setiap diri kalian. Sehingga dari pertemuan yang tak dipisahkan ini, kalian mampu menjadi petugas embrio-embrio penggerak dan membebaskan belenggu belenggu kesadaran naif yang hingga kini masih berkelindan menumpulkan identitas intelektual mahasiswa.

Maka dimulai dari sekolah ideologi ini, bangkitlah untuk menolak tunduk dari sistem yang menghisap dan menindas..!!
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Artikel : Ada untuk Berpikir"