Headline News
Loading...

Penuhi Panggilan Polisi, Beni Pramula Dicecar Puluhan Pertanyaan

Baca Kabar ini juga . . .

Foto : Salah satu bentuk dukungan untuk pergerakan Beni Pramula (ilustrasi)

Jakarta, IMMJATIM.ORG - Mantan Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Beni Pramula memenuhi panggilan Polda Metro Jaya, Kamis (15/12). Beni dimintai keterangan sebagai saksi dugaan makar dalam turbulensi politik Indonesia belakangan ini.


Koordinator Pemuda Berani Pembela Beni Pramula, Suparta Kurniawan, mengatakan Beni diperiksa selama 9 jam dari pukul 14.00 WIB hingga 23.00 WIB, Kamis (15/12). "Kurang lebih 9 jam pemeriksaan dengan 47 materi pertanyaan," ujar Suparta, Jumat (16/12).

Menurut Suparta, pemeriksaan Beni juga tidak lepas dari gerakan yang selama ini dikomandoi oleh Beni yang konsisten mengkritisi kebijakan pemerintah. "Kami mendukung langkah kooperatif Beni dan berharap polisi bertindak profesional," ujar Suparta yang sejak awal mendampingi Beni selama pemeriksaan.

Selain itu, lanjut Suparta, pemeriksaan terhadap Beni ini berkaitan dengan penangkapan para tokoh dan aktivis dengan dugaan makar. Sebagai tokoh muda, kata Suparta, Beni terlihat konsisten menyuarakan spirit luruskan kiblat bangsa. "Kami akan support beliau untuk tetap istiqomah memperjuangkan prinsip keyakinan gerakannya," kata Suparta yang juga sekretaris Pemuda Muhammadiyah Banten ini. 

Suparta menegaskan cara mengkritisi yang dilakukan oleh mahasiswa dan pemuda tidak boleh dikait-kaitkan dengan makar.  Dia menambahkan, Beni merupakan kader terbaik IMM Banten. "Kita harus bela, apalagi Beni bukan kader yang seperti kacang lupa kulitnya," ujar Suparta.

Beni yang diperiksa penyidik Subdit Kamneg Direksrimum Polda Metro Jaya tersebut ditemani sejumlah penasihat hukum, seperti Najamuddin Lawing, SH dan Karman BM, SH. Selain ditemani praktisi hukum, puluhan aktivis dan alumni IMM, termasuk Ketua Umum IMM Taufan Putra Revolusi Korompot, serta aktivis kepemudaan Islam dan BEM Setanah Air turut mengantar dan menunggu proses pemeriksaan Beni.

Najamuddin Lawing, SH selaku ketua tim pendamping hukum mengungkapkan, Beni Pramula diperiksa selama sembilan jam dan dicecar 47 pertanyaan terkait aktivitas gerakan kaum muda mahasiswa yang dipimpin Beni Pramula sejak menjadi Ketua Umum IMM hingga kini. Menurut Najamuddin, Beni Pramula menjalani pemeriksaan dan menjawab pertanyaan polisi dengan bermartabat.

Pengacara senior ini juga menyatakan, pemeriksaan Beni Pramula masih bisa berlanjut dan kemungkinan naiknya status penyelidikan menjadi penyidikan bisa saja terjadi. Tim hukum gabungan yang dikoordinatori Najamuddin terus mengkaji segala kemungkinan dan bersiap untuk kondisi terburuk.

Pendapat senada juga dikemukakan Azrul Tanjung, Sekjen Kornas FOKAL IMM, yang menyampaikan dukungan penuh pada Beni Pramula. "Kornas FOKAL telah menyusun tim hukum beranggotakan lebih dari 100 praktisi hukum alumni IMM. Ini belum termasuk inisiatif bantuan hukum dari komponen lain," paparnya. Azrul menghimbau, kasus dugaan makar yang bisa saja ditimpakan kepada Beni Pramula bisa menggerakkan setidaknya 1000 praktisi hukum Muhammadiyah untuk terlibat memberi bantuan hukum. (ubay/acs)
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Penuhi Panggilan Polisi, Beni Pramula Dicecar Puluhan Pertanyaan"