Headline News
Loading...

Kornas FOKAL IMM Desak Pengusutan Terbakarnya Rumah Pergerakan

Baca Kabar ini juga . . .

Foto : Kantor BEN Institute, Rumah Pergerakan yang terbakar pada Selasa (29/11) lalu

Jakarta, IMMJATIM.ORG - Beberapa waktu lalu, dunia pergerakan dikejutkan dengan terbakarnya "Rumah Pergerakan" BEN Institute. Building, Economic, and Nationality (BEN) Institute merupakan suatu lembaga bentukan mantan Ketua Umum DPP IMM periode 2014-2016, Beni Pramula.

Kini BEN Institute hanya tersisa puing setelah dilanda kebakaran hebat yang menghanguskan seluruh bangunan dan isinya pada Selasa (29/11) dini hari. Kebakaran di rumah yang dikontrak Beni Pramula tersebut terjadi beberapa hari saja jelang Aksi Super Damai Bela Islam 212.

Building, Economic and Nationality Institute, yang diprakarsai salah satu kader terbaik Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) ini belakangan menjadi pusat kajian, konsolidasi dan pergerakan kelompok pemuda dan mahasiswa yang kritis terhadap pemerintahan Jokowi. Sejumlah organisasi mahasiswa ekstra kampus, BEM-SI, organisasi pelajar, kepemudaan, hingga LSM menyebutnya sebagai Rumah Pergerakan. Hampir seluruh komponen kritis pernah menggelar diskusi dan pertemuan di tempat ini, termasuk sejumlah jenderal yang saat ini mendapat tuduhan makar dari polisi.

Pasca kebakaran, seorang punggawa Rumah Pergerakan telah diperiksa oleh polisi guna memastikan sebab kebakaran. Sejumlah kejanggalan juga telah disampaikan saat BAP, seperti cepatnya api menjalar, sekring listrik yang tidak mati tapi dimatikan sendiri (tidak terjadi konsleting), kesigapan damkar, hingga serta sejumlah kejanggalan lain yang mengindikasikan kebakaran di BEN Institute yang juga merupakan Kantor dari Pemuda Asia-Afrika di Jl. Cempaka Putih Tengah XVI no. 8 tersebut berbau rekayasa. Kondisi tersebut juga telah diungkapkan Beni Pramula melalui konferensi pers berselang sehari setelah musibah berlangsung.

Namun, hingga kini berbagai hal tersebut tidak ditelusuri kepolisian dengan serius dan masih bersikukuh sebagai kebakaran biasa akibat konsleting listrik. Oleh karena itu, Forum Keluarga Alumni (FOKAL) IMM mendatangi Mapolres Jakarta Pusat untuk mendesak dilakukannya penyelidikan kasus ini hingga tuntas.

Koordinator Nasional (Kornas) FOKAL IMM menghawatirkan, tragedi ini bisa menjadi preseden buruk demokrasi, karena upaya pembungkaman demokrasi melalui upaya-upaya kasar dan konspiratif, tidak hanya membahayakan bangunan demokrasi yang sedang kita bangun, namun juga menumpulkan kemanusiaan kita sebagai sebuah bangsa. (acs/ubay)
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Kornas FOKAL IMM Desak Pengusutan Terbakarnya Rumah Pergerakan"