Headline News
Loading...

Budayakan Literasi, IMM dan HMI Saling Sinergi

Baca Kabar ini juga . . .

Foto : "Bangun literasi, bangun aksi penuh kreasi"

Malang, IMMJATIM.ORG - Dalam rangka meningkatkan budaya literasi, UMM Gazebo Forum Cangkrukan Multidisipliner mengadakan forum terbuka tentang literasi di Gazebo Perpustakaan Pusat pada Sabtu (18/2).
Dengan mengusung tema “Bangun Literasi, Bangun Aksi Penuh Kreasi”, kegiatan yang berlangsung sejak pukul 09.00 WIB ini menghadirkan Dr. Pradana Boy, ZTF dosen penggerak literasi. Selain itu, panitia juga menghadirkan dua aktivis dari Organisasi Mahasiswa Ekstra Kampus (Omek), yaitu Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) dan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM).

HMI diwakili oleh Sahrir Musthafa, mantan Wakil Presiden Mahasiswa UMM Periode 2015-2016, sedangkan Ade Chandra Sutrisna, Ketua Bidang Media dan Komunikasi  mewakili IMM Cabang Malang.

Melihat rendahnya budaya literasi di Indonesia, masing-masing pemateri memaparkan pandangan dan pengalamannya sesuai budaya dari kedua organisasi tersebut.

“kegiatan membaca itu intinya melakukan produksi, tentu juga berupa karya, karena memang kami di IMM sendiri, membaca itu saja tidak cukup. Artinya ada kegiatan lain yang harus mengiringinya, yakni membaca, paham dan muaranya adalah praktek (menulis).” Kata Candra yang juga mahasiswa FISIP UMM.

Pandangan lain disampaikan Sahrir, yang menganggap budaya literasi memang sangat berkurang, khususnya dikalangan pemuda dan mahasiswa sehingga HMI mendorong setiap kadernya untuk berkreasi.

“Kalau di HMI, kita benar-benar digodok (pembinaan) melakukan pelatihan yang begitu terstruktur terkait dengan proses pengenalan diri, proses pemahaman dan pada akhirnya setiap individu didorong untuk berkreasi dan inovasi” Ujar kader HMI FKIP UMM tersebut.

Sementara itu, pandangan umum disampaikan oleh Dr. Pradana Boy, menurutnya dalam konteks literasi ini merupakan sebuah kegiatan yang tidak mudah jika tidak diadakan forum-forum yang membahas tentang literasi.

“kita harus punya kebiasaan, maka membiasakan membaca adalah sesuatu kebiasaan yang pertama-tama harus kita lakukan. Pembiasaan diri membaca tidak harus bersifat keras, apa saja bisa dibaca seperti novel, komik, bekas-bekas koran dan lain-lain.” Ujarnya dihadapan para dosen dan puluhan mahasiswa. (*)

*Sumber : lapmimalangweb.wordpress.com
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Budayakan Literasi, IMM dan HMI Saling Sinergi"