Headline News
Loading...

Dr. Ahmad Zuhdi : Manfaatkan Medsos dg Bijak

Baca Kabar ini juga . . .

Foto : Dr. Ahmad Zuhdi menyampaikan materinya

Sidoarjo, IMMJATIM.ORG - "Medsos itu ibarat pisau,  bisa digunakan memasak,  bisa juga untuk membunuh," ujar Dr. Ahmad Zuhdi DH, M.Fil.I dalam Kajian Fiqh "Media Sosial" di Aula Gedung A Kampus I Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA) Sabtu (28/1) lalu.

Dalam pemaparannya, Zuhdi mengatakan bahwa menggunakan medsos adalah amalan muamalah dunyawiyah, maka hukum yang berlaku adalah hukum asalnya, yaitu mubah (diperbolehkan), kecuali telah ditetapkan haram oleh Allah SWT. "Selain itu, segala sesuatu yang dilakukan itu bergantung pada niatnya, maka pandailah untuk meluruskan niat kita dalam menggunakan berbagai media, dalam membagi-bagikan informasi, jangan sampai mengandung niat tertentu yang akhirnya menimbulkan riya'," jelasnya. 

Lebih lanjut, Ketua Divisi Tarjih dan Fatwa MTT PWM Jawa Timur tersebut memaparkan bahwa informasi di media sosial dapat dilihat dalam tiga aspek. "Kita harus lihat tujuannya, teliti kontennya, dan pertimbangkan dampaknya karna dapat membawa manfaat atau malah menimbulkan mudharat, ini penting," paparnya. 

Selanjutnya, ia juga menyampaikan kiat dalam mem-filtrasi informasi-informasi yang beredar di media sosial, yaitu (1) periksa asal usul berita atau sumbernya, dapat dipercaya ataukah tidak ke-valid-an data dan infonya, (2) periksa siapa penulisnya, dan (3) jika terdapat gambar, cari info lebih lanjut apakah gambar tersebut valid berhubungan dengan informasi yang beredar ataukah sekedar "HOAX". 

Acara yang dihadiri oleh MTT PDM se-Jawa Timur tersebut dimulai sejak pukul 12.30 dan berakhir hingga pukul 16.30 WIB serta berlangsung dengan menarik dan antusias tinggi dari peserta.

"Terakhir, saya mengutip hadits bahwa cukuplah seseorang disebut pendusta,  bila dia menyebarkan setiap yang didengar, maka itu kita harus pandai memilah dan memilih sebelum menyebarluaskan informasi, kita harus gunakan teknologi yang ada, termasuk medsos dengan bijak" pugkas Dr. Ahmad Zuhdi DH, M.Fil.I. (ubay)
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Dr. Ahmad Zuhdi : Manfaatkan Medsos dg Bijak"