Headline News
Loading...

Wujudkan Islam Transformatif, IMM dan JIMM Agendakan Kursus Singkat

Baca Kabar ini juga . . .

Foto : Salah satu sesi materi yang disampaikan oleh Kakanda Nafi' Muthohirin, M.A (tengah)

Malang, IMMJATIM.ORG - Di tengah arus gelombang besar massa yang mengatasnamakan islam belakangan ini. Dimana menimbulkan banyak perdebatan dan pertanyaan. Pada satu sisi ada yang beranggapan bahwa islam hari ini mengalami kebangkitannya, dan di sisi lain, ada yang beranggapan bahwa hari ini adalah sebagai kemenangan islam konservatif.
Untuk mendudukkan hal tersebut, apakah islam mengalami kebangkitan atau sebaliknya, Dewan Pimpinan Daerah Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (DPD IMM) Jawa Timur mengadakan acara Kursus Singkat "Pemikiran Islam" yang bekerjasama dengan Jaringan Intelektual Muda Muhammadiyah (JIMM) dan Pusat Studi Islam dan Filsafat Universitas Muhammadiyah Malang (PSIF UMM).

Idham Choliq, Bidang Riset dan Pengembangan Keilmuan (RPK) DPD IMM Jawa Timur menyampaikan untuk tidak terjebak pada konservatifisme dan simbolisme semata. "Fenomena belakangan perlu dicermati bersama, agar kita tidak terjebak pada konservatisme dan simbolisme islam", jelasnya. 

Alumnus Universitas Muhammadiyah Surabaya tersebut menambahkan bahwa banyak kelompok yang mengatasnamakan islam. "Namun yang perlu dipertanyakan adalah untuk apa itu semua ?" Tambahnya. 

"Maka dari itu, tema kali ini adalah islam transformatif untuk mengupayakan agar kita tidak terjebak pada hal-hal tersebut, tapi, menghadirkan Islam sebagai solusi untuk menyelesaikan persoalan keumatan, pembebasan, keberpihakan kepada masyarkat miskin, buruh, dan masyarakat korban pembangunan," ujarnya. 

"Harapannya, wacana islam transformatif yang berbasiskan teologi Al-Maun mampu dipahami oleh seluruh kader IMM di jawa timur, dan mampu menghadirkan islam transformatif dalam program yang memihak kepada masayarakat," pungkasnya. 

Acara kursus singkat tersebut dilangsungkan di Yayasan Al-Muhaimin, Malang pada tanggal 17 hingga 19 Februari imi dengan diikuti oleh puluhan peserta dan delegasi dari 25 cabang IMM se-Jawa Timur.

Menurut rencana, nantinya para peserta akan diterjunkan untuk mentransformasikan hasil kursus singkat tersebut di daerah masing-masing sehingga wacana islam transformatif bukan hanya menjadi sekadar wacana. (ubay)
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Wujudkan Islam Transformatif, IMM dan JIMM Agendakan Kursus Singkat"