Headline News
Loading...

Beri Tausiyah di Expo, Haedar Nashir Ingatkan Peran Vital Cabang dan Ranting Muhammadiyah

Baca Kabar ini juga . . .

Foto : Dr. H. Haedar Nashir, M.Si ketika menyampaikan tausiyahnya dalam LPCR Expo 2017 di Kompleks Perumahan Islami Puncak Wangi, Babat, Lamongan

Lamongan, IMMJATIM.ORG - Pimpinan cabang dan ranting Muhammadiyah memiliki peran yang sangat besar dalam membesarkan persyarikatan, sebab ranahnya yang langsung bersentuhan dengan masyarakat membuat cabang dan ranting harus lebih kreatif dan inovatif, serta semakin gencar dalam berdakwah

.
Dalam kesempatan LPCR Expo 2017 di Kompleks Perumahan Islami Puncak Wangi, Babat, Lamongan, Haedar Nashir Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah hadir pada Sabtu (13/5) dan turut melakukan penandatanganan MoU serta memberikan tausiyahnya, juga meninjau lokasi perumahan dan expo.

Dalam tausiyahnya, Haedar memaparkan bahwa peran LPCR sebagai pilar dakwah Muhammadiyah sangat penting dan mengaitkan pengembangan CR (cabang dan ranting) dengan lima aspek keterkaitan. 

"Yang pertama adalah keterkaitannya dengan penguatan ideologi dan pemikiran islam," ujarnya.

Dalam artian pengembangan di cabang dan ranting tetap harus memperhatikan penguatan ideologis kader dan anggota sehingga paham betul bagaimana Muhammadiyah.

Kedua, yaitu pentingnya pembinaan kader dan anggota. “Pembinaan kader dan anggota sangat vital, agar para warga Muhammadiyah secara bukan hanya banyak kuantitas, tapi juga secara kualitas (kapasitas) sangat mumpuni, di berbagai aspek,” ucapnya.

Aspek yang ketiga ialah pemberdayaan masyarakat. "Dalam artian misalnya di suatu cabang Muhammadiyah itu minoritas, tapi harus terus berinovasi bagi kepentingan masyarakat, sehingga kehadirannya benar-benar bisa dirasakan," kata Haedar.

Keempat yaitu dengan model dakwah komunitas dan kelima adalah bagaimana kemudian Muhammadiyah mampu menentukan dan memerankan perannya dalam aspek keummatan, kebangsaan, maupun secara global.

"Penting untuk lebih inovatif dalam dakwah, salah satunya dengan dakwah komunitas ini, saat ini sangat menjamur model dakwah komunitas yang demikian," pungkas Haedar.

Acara LPCR Expo tersebut dilaksanakan selama tiga hari sejak Jum'at (12/5) hingga Ahad (14/5) dan menghadirkan tokoh-tokoh persyarikatan, serta mengundang seluruh LPCR PWM se-Indonesia, LPCR PDM se-Jawa Timur, dan menampilkan produk-produk ekonomi kreatif cabang dan ranting Muhammadiyah se-Indonesia. (ubay)
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Beri Tausiyah di Expo, Haedar Nashir Ingatkan Peran Vital Cabang dan Ranting Muhammadiyah"