Headline News
Loading...

UMS Satu-satunya PTS di 9 Besar Perguruan Tinggi Terbaik Indonesia

Baca Kabar ini juga . . .

Foto : Hasil pemeringkatan yang dilakukan oleh QS Word University Ranking

IMMJATIM.ORG - Lembaga Pemeringkatan Universitas dan Perguruan Tinggi Dunia Quacquarelly Symonds (QS) World University Ranking 2017/2018 merilis perguruan tinggi terbaik dunia dan terbaik di masing-masing negara pada Kamis (8/6). QS menempatkan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) dalam ranking 8 dari 9 perguruan tinggi terbaik di Indonesia.


UMS berhasil mempertahankan capaiannya tahun lalu sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik di Indonesia. UMS menepati posisi ke-8 setelah berurutan UI di peringkat pertama, disusul ITB, UGM, Unair, IPB, Undip, dan ITS. Selanjutnya (peringkat ke-9) disusul oleh Universitas Brawijaya (UB). Dari deretan perguruan tinggi tersebut, UMS menjadi satu-satunya PTS yang masuk dalam World Class Ranking.

"UMS jadi satu-satunya PTS yang menembus papan atas, dan kami akan terus berbenah agar bisa lebih baik kedepannya," tutur Rektor UMS Sofyan Anif, Jumat (9/6).

Disampaikan Sofyan bahwa pihaknya mengaku bangga atas prestasi yang berhasil diraih. Terlebih, UMS tidak mendapatkan subsidi dalam internasionalisasi. Posisi tersebut semakin menarik perhatian mahasiswa asing untuk belajar ke UMS. Hingga kini, terdapat sekitar 130 mahasiswa asing yang kuliah di UMS. Universitas ini juga tengah melebarkan sayapnya dengan menggandeng kampus-kampus "top" dunia dalam hal penelitian.

"Dalam waktu dekat ada sejumlah mahasiswa baru dari Australia," imbuhnya.

Menurut Sofyan, pencapaian tersebut tak lepas dari kerja keras segenap civitas akademika UMS. Ia juga menuturkan bahwa pihaknya tengah membidik untuk menjadi universitas kelas dunia melalui sejumlah program-program unggulannya. Selain itu, pihaknya juga menggencarkan pembangunan infrastuktur sehingga berhasil masuk dalam deretan universitas di dunia. Ia juga berkomitmen untuk terus memperbaiki diri sehingga di tahun-tahun ke depan mampu naik dalam peringkat universitas dan perguruan tinggi terbaik dunia.

"Masuknya UMS dalam peringkat ini dikarenakan program internasional kita buka semakin banyak, jangkauan negaranya kita kembangkan. Kalau dulu fokus di double degree, sekarang berkembang pada mahasiswa, staff exchange, dan kolaborasi riset," jelasnya.

QS merupakan lembaga yang berpusat di Inggris. Oleh karenanya, dalam penilaian QS tidak hanya bersumber dari perguruan tinggi, namun melibatkan pihak luar menyangkut reputasi akademik maupun penilaian alumni pihak perusahaan. Dalam pemeringkatan QS menggunakan enam indikator yaitu Academic reputation, Employer reputation, Faculty/student ratio, Citation per Faculty, International Faculty dan International Students. 
Pemeringkatan ini menjadi salah satu pemeringkatan yang paling banyak dijadikan rujukan selain Academic Ranking or World Universities da Times Higher Education World Universitiy Rankings dan keduanya acapkali menjadi acuan Kemenristekdikti. (ubay)

Sumber :
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "UMS Satu-satunya PTS di 9 Besar Perguruan Tinggi Terbaik Indonesia"