Headline News
Loading...

Canangkan SEKAM untuk Berdayakan Masyarakat

Baca Kabar ini juga . . .

Foto : Sekolah Kader Pemberdayaan Masyarakat (SEKAM) oleh DPD IMM Jawa Timur (ilustrasi)

Surabaya, IMMJATIM.ORG - Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) dengan salah satu tri kompetensi dasarnya berupa humanitas, maka dirasa sangat perlu untuk melakukan pembekalan bagi kadernya untuk dapat melakukan pemberdayaan bagi masyarakat.

DPD IMM Jawa Timur melalui bidang Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat (SPM) dalam rangka memunculkan geliat di cabang-cabang tentang pemberdayaan (empowering), hendak menyelenggarakan Sekolah Kader Pemberdayaan Masyarakat (SEKAM).

Kegiatan (SEKAM) yang menurut rencana akan dilaksanakan pada 16-20 Agustus 2017 mendatang akan dilaksanakan di Kabupaten Probolinggo dan direncanakan untuk bekerja sama dengan Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah.

Ketua Bidang SPM DPD IMM Jawa Timur, Dealro Zelasqi Mahadamayo menjelaskan bahwa kegiatan tersebut juga sebagai bentuk eksistensi gerakan dan dakwah IMM Jawa Timur. "Karena kedepannya, persaingan IMM bukan hanya dengan rekan sesama ORMEK, tapi juga dengan komunitas-komunitas yang mulai menjamur," jelasnya.

"Nah," lanjutnya, "rata-rata komunitas sudah punya gerakan pemberdayaan yang instan di masyarakat, kalau IMM tidak punya strategi untuk menyamai level gerakan mereka, bisa jadi perlahan IMM akan tergilas," tambah pria yang tengah menempuh studi pasca sarjana strata duanya di Universitas Airlangga tersebut.

Melalui SEKAM, diharapkan akan mampu membentuk kader-kader dengan jiwa sosial tinggi yang mampu melakukan berbagai inovasi gerakan pemberdayaan di masyarakat sehingga perlahan dapat mengangkat masyarakat keluar dari keterbelakangan dan keterpurukan.

Hal tersebut dirasa selaras dengan tema besar arah gerak DPD IMM Jawa Timur untuk memperkuat basis kaderisasi dalam rangka menjawab tantangan kebangsaan. Pun senada dengan arah gerak DPP IMM yang mengusung misi IMM berkhidmat untuk ummat menuju Indonesia yang berdaulat.

"Harapannya pasca SEKAM, kader kita pulang dengan membawa konsep gerakan pemberdayaan di tiap cabangnya, sehingga bisa langsung diimplementasikan secara konkret, itulah pula kenapa kita mengusung tema SEKAM ini dengan membangun kader pemberdayaan dalam memperkuat strategi dakwah persyarikatan," ujar pria yang lebih akrab disapa Aqi' tersebut.

"Jadi bukan cuma wujud eksistensi IMM, tapi juga dalam rangka berkhidmat untuk ummat itu, mewujudkan Indonesia yamg berdaulat, menjawab tantangan itu. Kita ini kan bukan cuma kader ikatan, tapi juga kader persyarikatan, kader ummat, dan kader bangsa," pungkasnya. (ubay)
Share this article :
+
Previous
Next Post »
3 Komentar untuk "Canangkan SEKAM untuk Berdayakan Masyarakat"

Muantap kanda... Semoga di cabang semakin bergeliat... Jaya IMM jaya... Salam #faskho

ditunggu kabar/informasi selanjutnya ttg agenda ini...

cabang non-jatim bole ikutan gak agenda nih ?