Headline News
Loading...

DPP IMM : Pemerintah Tidak Mengerti Pengelolaan Dana Haji

Baca Kabar ini juga . . .

Foto : Kadarisman (paling kiri, berjas merah) dalam salah satu kesempatan acara

Jakarta, IMMJATIM.ORG - "Pemerintah sepertinya tidak mengerti tentang pengelolaan dana haji," ujar IMMawan Kadarisman, Ketua Bidang Tabligh dan Kajian Keislaman Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (TKK DPP IMM) hari ini, Kamis (3/8) melalui press release-nya.


Hal itu ia sampaikan ketika di tengah hirur-pikuk penyudutan umat Islam belakangan ini, ternyata pemerintah melirik dana haji untuk membiayai pembangunan  infrastruktur berdasarkan pernyataannya. "Dana itu mencapai 97 triliun, lalu akan meningkat 100 triliun tahun depan. Itu terdiri dari Setoran jamaah haji dan dana abadi ummat," jelas Kadarisman.

Lebih lanjut, dia mengatakan rencana penggunaan dana haji untuk pembangunan infrastruktur itu sangat tidak tepat & kurang bijak. Hal tersebut juga sangat tidak sesuai dengan niat para jamaah haji yang menyetorkan uangnya. "Pemerintah harus paham niat para jamaah haji dan harus tau bagaimana jerih payahnya mengumpulkan uang tersebut untuk semata menunaikan rukun Islam yang ke-5, bukan membangun jalanan atau pelabuhan," papar mahasiswa Pasca Sarjana Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) tersebut.

Sebelumnya juga, pria kelahiran Sulawesi Tenggara itu mengutip pernyataan Anggita Abimayu, Anggota Badan Pengelolah Dana Haji yang menyatakan kesiapannya melaksanakan instruksi presiden untuk mempergunakan 80% dana haji untuk pembangunan infrastruktur.

Dia menilai bahwa, Instruksi tersebut, seolah-olah menunjukkan bahwa APBN sudah tidak mampu menanggung dan membiayai pembangunan infrastruktur di negeri ini. "Meskipun diperuntukan kepada proyek-proyek yang beresiko kecil, tetaplah kurang bijak jika niat pemerintah itu dilaksanakan," kata Kadarisman.

Namun lebih jelas, menurut Kadarisman, dana tersebut lebih efektif dipergunakan untuk membangun sarana prasana yang bisa menunjang dan mempermudah para jamaah haji ketika menunaikan ibadah Haji di tanah suci jika memang hendak direalisasikan. (sum/ubay)

Sumber :
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "DPP IMM : Pemerintah Tidak Mengerti Pengelolaan Dana Haji"