Headline News
Loading...

Ketum PC IMM Bangkalan : Muhammadiyah Harus Kembali pada Semangat Perjuangannya

Baca Kabar ini juga . . .

Foto : Ketua Umum PC IMM Bangkalan, Syarif (kemeja putih) tengah menyampaikan materinya

Bangkalan, IMMJATIM.ORG - Momentum milad Muhammadiyah ke-108 H yang jatuh Rabu (30/8) dimanfaatkan Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (PC IMM) Bangkalan untuk merefleksikan kembali dakwah dan gerakan Muhammadiyah 108 tahun kebelakang dan coba memproyeksikan Muhammadiyah kedepan yang memasuki abad keduanya.


Kegiatan dilaksanakan berupa kajian dan diskusi sekaligus sebagai sarana mendekatkan diri dengan calon kader IMM yang turut hadir dan antusias.

Syarif Hidayatulloh, Ketua Umum PC IMM Bangkalan menegaskan beberapa poin yang perlu digaris bawahi oleh segenap elemen Muhammadiyah. "Pertama bahwa Muhammadiyah harus terus melakukan pemahaman dan penanaman karakter tentang jati diri dan identitas Muhammadiyah pada kader sehingga benar-benar matang untuk meneruskan amanah persyarikatan," bukanya.

"Kedua, perlu adanya inisiatif dan pengembangan strategi dakwah Muhammadiyah sehingga lebih mengena dan mudah diterima masyarakat dan kaum yang awam terhadap Muhammadiyah," tambah mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Trunojoyo Madura (FH-UTM) tersebut.

Lebih lanjut, Syarif menjelaskan pandangannya bahwa Muhammadiyah perlu membuka diri. "Harus terbuka dan kader harus paham posisinya, terutama dengan sikap-sikap yang mungkin berbeda yang dibawa oleh Muhammadiyah, itu yang ketiga," jelas pria asal Gresik itu.

"Poin keempat menurut kami bahwa Muhammadiyah harus kembali pada semangat perjungan dan dakwah yang diembannya seperti halnya pada masa-masa awal perjuangan Muhammadiyah yang sangat gigih dalam mengabdikan diri," jelasnya.

Dalam kegiatan yang dihadiri oleh delegasi dari tiap-tiap Komisariat dan beberapa calon kader IMM tersebut Syarif mengatakan jika Muhammadiyah harus melakukan gerakan untuk menginternalisasikan ideologi secara masif pada kadernya. "Serta menghindari gerakan dan keyakinan yang masih primordial yang ada dalam diri kader, sebab Muhammadiyah hadir bukan hanya untuk segelintir atau sekelompok saja, tapi untuk umat Islam, lebih luas lagi untuk berperan dalam umat manusia," katanya menegaskan poin kelima yang perlu digarap oleh Muhammadiyah.

"Terakhir," lanjutnya, "gerakan yang dibentuk Muhammadiyah harus memberikan rasa nyaman pada masyarakat sehingga menciptakan benih sifat ikhlas terhadap kader maupun masyarakat sebagai objek dan ladang perjuangan dalam menegakkan panji islam," pungkasnya.

Kegiatan yang dimulai ba'da Shalat Isya' tersebut dilangsungkan di Aula Sekretariat PC IMM Bangkalan dan berlangsung dengan cukup menarik ditandai dengan berbagai argumentasi dan pandangan dari peserta diskusi. (syf/rzl)
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Ketum PC IMM Bangkalan : Muhammadiyah Harus Kembali pada Semangat Perjuangannya"