Headline News
Loading...

IMM Aufklarung Cetak Pemimpin Melalui DAD

Baca Kabar ini juga . . .

Foto : DAD IMM Komisariat Aufklarung Teknik UMM

Malang, IMMJATIM.ORGSetiap organisasi pasti perlu regenerasi untuk meneruskan perjuangannya, terlebih Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) sebagai organisasi perkaderan. Atas dasar itu, IMM Komisariat Aufklarung Teknik Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dalam waktu dekat akan mengadakan Darul Arqam Dasar (DAD).


Syarat formil untuk bergabung dengan IMM adalah dengan mengikuti perkaderan utama tingkat dasar berupa DAD. Sebagai organisasi perkaderan tentunya roda organisasi dapat berjalan ketika ada yang menggerakkan di internal organisasi tersebut sehingga mampu berjalan secara berkelanjutan dan regenarasi yang ada dalam organisasi tidak terputus. Itulah yang menjadi harapan besar dari IMM Komisariat Aufklarung Teknik.

Dalam Perkaderan IMM, Darul Arqam merupakan bagian utama dari sistem perkaderan yang diselenggarakan dalam kesatuan waktu tertentu dan berjenjang. Darul Arqam sendiri mempunyai arti yaitu rumah arqam yang merupakan tempat yang digunakan oleh Rasulullah SAW dalam melakukan perkaderan Islam di masa-masa pertama yang melahirkan tokoh-tokoh islam generasi pertama seperti Abu Bakar, Ali Ibn Thalib, Siti Khodijah dan lain-lain.

Sehingga nama Darul Arqam diambil sebagai spirit dalam melakukan perkaderan agar nantinya dapat mencetak manusia-manusia yang dapat meneruskan dakwah islam yang mampu membebaskan rakyat dari belenggu ketertindasan. 

Dalam penyelenggaraan DAD tahun ini akan diikuti oleh 120 calon peserta yang telah mendaftar dan Screening. Calon peserta yang akan mengikuti DAD ini adalah mahasiswa fakultas teknik angkatan 2017  UMM yang nantinya akan dibagi menjadi 3 kali pelaksanaan DAD.

IMM Komisariat Aufklarung Teknik selaku penyelenggara dan pelaksana DAD telah menentukan waktu untuk merealisasikan perkaderan utama tingkat dasar tersebut yaitu DAD 1 yang akan dilaksanakan pada 22-24 September 2017, DAD 2 pada 29 September hingga 1 Oktober 2017, dan DAD 3 akan dilaksanakan pada 20-22 Oktober 2017.

DAD yang akan dilaksanakan oleh IMM Komisariat Aufklarung Teknik memiliki muatan internalisasi dasar-dasar islam dan meletakkan dasar pemahaman intelektualitas sebagai bentuk gerakan cendekiawan berpribadi dengan ilmu amaliyah dan amal ilmiah, hal tersebut dirasa sebagai dasar pemahaman yang harus dimiliki oleh kader IMM dalamrangka meneruskan tampuk kepemimpinan. Hal ini sesuai dengan tema yang digunakan oleh IMM Komisariat Aufklarung Teknik dalam DAD ini yaitu mempersiapkan penerus tampuk kepemimpinan selanjutnya yang memliki loyalitas dalam rangka pembangunan organisasi.

Muatan tersebut dalam pelaksanaannya akan disampaikan dalam bentuk materi. Dalam DAD IMM Komisariat Aufklarung Teknik ini ada 9 materi yang akan disampaikan dalam forum DAD yang secara umum terklasifikasikan menjadi materi ideologi, keorganisasian, wawasan, terapan dan muatan lokal sesuai standarisasi yang ada didalam Sistem Perkaderan Ikatan dan Desain Perkaderan IMM Malang Raya.

Dalam pelaksanaan DAD ini, IMM Komisariat Aufklarung Teknik menggunakan bentuk kegiatan DIKLAT (Pendidikan dan Pelatihan), hal ini dipilih agar peserta dapat fokus  memahami materi-materi yang akan didapatkan dalam DAD.

Pelaksanaan DAD 1 yang akan dilakukan tanggal 22-24 september 2017 akan dilaksanakan di Balai Desa Sumbergondo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. (rudi)
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "IMM Aufklarung Cetak Pemimpin Melalui DAD"