Headline News
Loading...

RAKORDA IMM Jatim Sinergikan Ranah Keorganisasian, Perkaderan, dan Gerakan

Baca Kabar ini juga . . .

Foto : Ketua Umum DPD IMM Jawa Timur ketika memberikan sambutannya dalam RAKORDA IMM Jawa Timur di Bojonegoro

Bojonegoro, IMMJATIM.ORG - Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) sebagai salah satu organisasi kemahasiswaan terbesar di Indonesia selalu istiqamah dalam bergerak demi kemajuan bangsa dan negara.


Selama dua hari terhitung Sabtu hingga Ahad (23-24/9), Dewan Pimpinan Daerah (DPD) IMM Jawa Timur menyelenggarakan Rapat Koordinasi Daerah (RAKORDA) sekaligus dibarengkan dengan Forum Koordinasi IMMawati (KOORMI) di SMP Muhammadiyah 9 Bojonegoro.

Abdul Musawir Yahya, Ketua Umum DPD IMM Jawa Timur mengatakan dalam sambutannya bahwa IMM Jawa Timur sebagai DPD IMM terbesar dengan 25 cabang, memiliki tantangan tersendiri dalam penanganannya. "Di Jatim, cabang terbesar mulai dari ujung barat Ngawi sampai ujung timur Banyuwangi, ini teritorial yang sangat luas, ditambah dengan lokalitas di tiap-tiap daerahnya yang berbeda, maka perlu penanganan khusus dalam keberlangsungannya," bukanya.

Ia menambahkan bahwa di ranah keorganisasian IMM perlu untuk kembali pada rule atau mekanisme yang sesuai dengan AD/ART dan pedoman lainnya. "Kita jangan hanya selalu berbicara local wisdom, tapi juga harus benar-benar melihat kaidah-kaidah yang tertuang dalam pedoman-pedoman, yaitu AD/ART, dan berbagai pedoman IMM lainnya," sambungnya.

IMM sebagai organisasi perkaderan, maka kaderisasi merupakan ruh dari IMM itu sendiri, bukan hanya secara kuantitas, namun juga secara kualitas.

"IMM Jatim yang secara kuantitas sangat besar harus bisa diimbangi dengan peningkatan secara kualitas, berbagai hal terkait kaderisasi, upgrade kapasitas kader terus dan harus diupayakan," jelasnya sembari menukil QS. An-Nisa ayat 9 agar jangan meninggalkan generasi yang lemah.

Sementara itu, terkait gerakan ia menerangkan bahwa IMM harus lebih peka dan secara nyata dapat dirasakan kehadirannya oleh masyarakat, terutama di kalangan mustadh'afin. "IMM harus menegaskan keberpihakannya, maka kita juga jangan hanya berkutat di internal saja, tapi kita harus keluar melihat lingkungan kita, memperbaiki bangsa dan negara ini," ujarnya.

Dalam forum yang dihadiri oleh delegasi seluruh PC IMM se-Jawa Timur tersebut, juga dirumuskan beberapa hal diantaranya terkait sinergi PC dengan DPD di 3 ranah tersebut (keorganisasian, perkaderan, dan gerakan), upgrade sistem database kader yang terpusat dan berbasiskan teknologi, penguatan peran media dalam rangka menggalakkan jihad media dan penyadaran informasi, perumusan arah gerak dan perkaderan khusus IMMawati, serta langkah gerakan IMM kedepannya. (ubay)
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "RAKORDA IMM Jatim Sinergikan Ranah Keorganisasian, Perkaderan, dan Gerakan"