Headline News
Loading...

PDM se-Madura Segera Realisasikan UMMAD

Baca Kabar ini juga . . .

Foto : Suasana Silaturrahim dan Konsolidasi PDM se-Madura
  
Bangkalan, IMMJATIM.ORG - Ahad (28/1) Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) se-Pulau Madura berkumpul dan membahas berbagai program serta langkah strategis guna memajukan Muhammadiyah di Pulau Madura. Kegiatan silaturrahim dan konsolidasi tersebut dilaksanakan di Aula At-Taqwa PDM Bangkalan.

Salah satu hal yang menjadi pembahasan serius adalah terkait rencana pendirian Universitas Muhammadiyah Madura (UMMAD) yang menurut rencana akan didirikan di Kecamatan Camplong, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur.

Doni Burhan, Wakil Ketua PDM Bangkalan mengatakan bahwa pendirian UMMAD akan dilaksanakan dengan kerjasama seluruh PDM se-Pulau Madura (PDM Bangkalan, PDM Sampang, PDM Pamekasan, dan PDM SUmenep). "Sesuai harapan wilayah (PWM Jawa Timur), kita jalin komunikasi dan kerjasama 4 PDM di Madura ini untuk mewujudkan UMMAD," tegasnya.

"Kita sudah berkomunikasi dengan Kemenristekdikti dan rencananya lahan yang akan digunakan sekitar 50 hektar. Tapi saat ini kita sudah siapkan baru sekitar 30 hektar. Sistem pendidikan akan kita sesuaikan dengan kultur lokalitas Madura, yaitu dengan nuansa pesantren dan InsyaAllah kita rencanakan terdiri dari 4 fakultas dengan 3 jurusan di masing-masing fakultas. Untuk tenaga pendidiknya kita upayakan minimal 6 pengajar di setiap jurusannya," lanjut Doni.

UMMAD direncakan akan terdiri dari Fakultas Agama Islam (FAI) dengan jurusan Ekonomi Syariah, Psikologi Islam, dan Pendidikan Agama Islam. Lalu Fakultas Pertanian dan Peternakan (FPP) yang terdiri dari jurusan Produksi Ternak, Agronomi, dan Teknologi Hasil Pertanian. Sementara Fakultas Teknik dengan jurusan Teknik Sipil, Teknik Informatika, dan Teknik Pengelolaan Hasil Tambang. Fakultas terakhir adalah Fakultas Kelautan yang terdiri atas jurusan Budidaya Perairan, Perkapalan, dan Manajemen Sumberdaya Laut.

Rencana pendirian UMMAD telah berhembus dalam beberapa tahun terakhir atas dasar sebagai pintu pemurnian akidah dan dakwah Muhammadiyah, pengembangan amal usaha Muhammadiyah, urgensi terkait geografis Pulau Madura, dan potensi pengembangan madura yang belum banyak tereksplorasi.

Sebagai tindak lanjut atas rencana tersebut, PDM se-Pulau Madura rajin berkomunikasi dan konsolidasi guna membahas progress terkait pendirian UMMAD tersebut. "Kita sudah susun proposalnya dan insyaAllah sudah matang melalui berbagai pembahasan kita selama sekitar 1 tahun belakangan. Hari ini pun kita agendakan untuk penandatanganan dari seluruh PDM se-Pulau Madura," tukas Doni.

Sementara itu, selain membahas progress report terkait pendirian UMMAD, konsolidasi organisasi juga membahas tentang pendirian Lembaga Amil Zakat, Infaq, dan Shodaqoh Aisyiyah (Lazisah), lalu perkembangan AUM di bidang pendidikan, program di sektor ekonomi dan kewirausahaan, serta program-program kesejahteraan masyarakat di PDM dari keempat Kabupaten tersebut. Melalui intensifikasi silaturrahim dan konsolidasi organisasi semacam ini, diharapkan PDM-PDM saling mempelajari program-programnya, saling bertukar pandangan, dan membantu dalam mengembangkan Muhammadiyah di Pulau Madura. (ilh/ubay)
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "PDM se-Madura Segera Realisasikan UMMAD"