Headline News
Loading...

Hasnan Bachtiar, Kader Jatim yang Jadi Nahkoda Pertama PCI IMM Australia

Baca Kabar ini juga . . .

Foto: Hasnan Bachtiar, Ketua Umum PCI IMM Australia

IMMJatim.org – Melalui surat keputusan (SK) Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (DPP IMM) nomor 316/A-1/2018, Pimpinan  Cabang Istimewa (PCI) IMM Australia secara resmi berdiri. Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Dr. Haedar Nashir, bahkan secara khusus datang langsung untuk melantik, Ahad (18/2).

Berdirinya PCI IMM Australia itu atas inisiasi sejumlah kader yang tengah menempuh pendidikan pelbagai jenjang di negara yang dikenal dengan julukan Negeri Kangguru itu. Salah satunya kader IMM Jawa Timur, Hasnan Bachtiar, yang kemudian didapuk menjadi ketua umum.

Hasnan saat ini berstatus sebagai mahasiswa pascasarjana di the Centre for Arab and Islamic Studies (CAIS), The Australian National University (ANU). Semasa kuliah sarjananya di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Hasnan memang sudah aktif sebagai kader IMM komisariat Tamaddun Fakultas Agama Islam (FAI).

Foto: Hasnan Bachtiar (kanan), saat mendampingi Haedar Nashir memberikan nasihat dalam kesempatan pelantikan PCI IMM Australia

Di Pimpinan Cabang IMM Malang, Ia juga tercatat sebagai Ketua Bidang Keilmuan. Hingga kini, Hasnan aktif di Jaringan Intelektual Muda Muhammadiyah (JIMM) juga aktif menulis di berbagai media untuk menebar spirit kemanusiaan dan intelektualisme.

Saat dihubungi via WhatsApp, Hasnan menceritakan, ada banyak kader muda Muhammadiyah yang sedang tinggal di Australia. Terutama, mereka adalah para mahasiswa yang tersebar di pelbagai penjuru negara bagian Australia.

“Sebagai bagian dari keluarga Persyarikatan Muhammadiyah, kami ingin mendirikan Cabang Istimewa IMM dalam rangka memfasilitasi komunikasi, hubungan sosial, dialog kemanusiaan dan intelektualisme di antara kader tersebut,” tulis Hasnan dalam chat-nya, Rabu (21/2) pagi, waktu Indonesia.
  
Di bawah kepemimpinannya itu, Hasnan hendak mempelopori gerakan dakwah Islam yang mengedepankan welas asih, kasih sayang dan kebijaksanaan di hadapan masyarakat internasional.

Foto: Kader PCI IMM berfoto bersama di kediaman Atase Pendidikan dan Kebudayaan RI untuk Australia (Imran Hanafi),

“Kami ingin memperkenalkan Islam Indonesia yang kosmopolitan dan berkemajuan, yang mengedepankan pentingnya agama sebagai rahmat semesta. Di samping itu, sebagai mahasiswa, kami ingin memberikan kontribusi intelektual untuk pembangunan bangsa Indonesia, di pelbagai bidang yang kami tekuni selama ini,” tandasnya.


Tidak hanya Hasnan, kader IMM Jawa Timur yang duduk dalam jajaran struktural PCI IMM Australia. Ada Rahmat Ibrahim (Master of Diplomacy, ANU) kader IMM Renaissance FISIP UMM, Ahmad Amin Sulaiman (Master of Cognitive Psychology and Educational Practive, Flinders University) serta Sonya (Bachelor of Psycology, UMM) yang merupakan kader IMM Restrorasi Psikologi UMM. (can)
Share this article :
+
Previous
Next Post »
1 Komentar untuk "Hasnan Bachtiar, Kader Jatim yang Jadi Nahkoda Pertama PCI IMM Australia"

alhamdulillah, mantap banget!! menginspirasi, semoga bisa kesana juga :D